Anak 90-an pasti tak asing dengan film anime, karena generasi ini (tentu termasuk saya) tumbuh dengan hiburan berupa tontonan televisi berisi anime (anime adalah sebutan kartun yang berasal/produksi Jepang). Mulai dari Doraemon, Dragon Ball, Detektif Conan, Digimon, Pokemon, Shincan, Let’s & Go, Yu-Gi-Oh!, Captain Tsubasa, Card Captor Sakura, Sailor-Moon dan masih banyak lagi. Nostalgia selalu terkenang bila kita menontonnya. Dari sinilah saya atau mungkin Anda juga suka anime, apalagi anime bertema game.

Tontonan televisi zaman sekarang kurang mengakomodasi anime. Anime semakin berkurang. Untunglah dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, akses internet berkecepatan tinggi zaman sekarang sudah mudah diakses. Sehingga, keinginan menonton Anime masih bisa dipenuhi. Walaupun kebahagian berbagi cerita bersama teman di sekolah selepas menonton sudah tak seindah dulu. Selama mencari dan menonton film-film anime yang direkomendasikan, banyak tema Anime yang muncul seperti aksi, petualangan, fantasi, misteri, fiksi sains, sepenggal kisah kehidupan dan seterusnya. Dari sekian banyak tema tersebut, salah satu tema yang saya gemari adalah anime bertema game, anime bertema petualang dalam game, entah memang karena tokohnya terjebak dalam game ataupun memang memiliki semesta seperti dalam game. 

Berikut daftar anime bertema game yang telah saya tonton habis dan rekomendasikan untuk Anda tonton juga:

1. Sword Art Online

Sword Art Online

Berlatar belakang tahun 2022, telah ditemukan sebuah mesin bernama “Nerve Gear” yang mampu membuat pemakainya berada dalam virtual game, memindahkan kesadarannya dalam dunia game bernama Sword Art Online. Petualangan dimulai ketika ternyata pembuat game ini, dalam perilisan pertamanya menghilangkan fitur logout. Sehingga tidak ada seorang pun yang dapat keluar dari permainan, karena memaksa melepaskan “Nerve Gear” secara paksa akan menyebabkan kematian dan mati di game sama dengan mati di dunia nyata. Jalan satu-satunya adalah menyelesaikan permainan dengan cara mencapai dan mengalahkan bos monster di level 100.

2. Accel World

Berlatar di masa depan setelah masa “Nerve Gear” ditemukan (dikarenakan memiliki pengarang sama), walaupun tidak berhubungan dengan anime Sword Art Online sebelumnya. Memakai alat di belakang leher yang berfungsi untuk berkegiatan online adalah hal yang biasa, salah satunya adalah bermain game. Di dalam anime ini, ada game langka yang sangat unik. Pemain game ini adalah orang-orang yang diajak oleh orang yang memainkan game ini sebelumnya, pemain game ini jika sudah berlevel tinggi juga akan memperoleh kemampuan “accel” alias acceleration yang dapat diterapkan di dunia nyata, tetapi sekalinya game ini terhapus, tidak akan bisa dipasang lagi. Polemik terjadi karena sejak hidden game ini rilis, belum ada orang yang mampu menyelesaikannya.

Accel World

3. Log Horizon

Log Horizon

Bercerita tentang banyak pemain online game bernama Elder Tale yang terjebak masuk ke dalam game tersebut. Shiroe, seorang pemain game veteran yang ingin mencari tahu penyebabnya dan mengeksplor lebih jauh kejadian ini. Log Horizon sendiri merupakan nama guild kecil yang dibangunnya bersama teman-temannya.

Berkomunikasi dengan NPC, mengeksplorasi dan menstabilkan dunia baru ini merupakan cerita yang terus berkembang dari Log Horizon.

4. Overlord

Bercerita tentang Momonga, ketua guild Ainz Ooal Gown yang ingin menghabiskan detik terakhirnya di virtual game bernama Yggdrasil karena game ini akan tutup dan semua anggota guildnya telah logout.  Tetapi tiba-tiba waktu berhenti tepat di tengah malam, tepat saat game tutup. Castil guild Ainz Ooal Gown ternyata telah berpindah ke dunia baru dan Momonga terjebak di dalam avatarnya. 

Lengkap dengan segala kemampuannya sebagai Master Sorcerer di dunia Yggdrasil, pelayan dan penjaga guildnya, Momonga ingin mencari tahu apa yang terjadi sekaligus mengeksplorasi dunia baru yang sedang dihadapinya.

Log Horizon

5. No Game No Life

No Game No Life

Sora dan Shiro, kakak beradik pemain game legendaris dibalik nama avatar Blank (tak bernama). Legendaris karena mereka selalu menjadi top player, tak pernah gagal di urutan paling atas dari setiap permainan yang mereka mainkan. Tiba-tiba mendapat tantangan untuk terjun ke dalam dunia lain yang semuanya diatur dan ditentukan dengan permainan. Mewakili ras manusia dalam dunia lain tersebut, dimulailah petualangan mereka dalam berbagai macam tantangan permainan.

6. DanMachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka)

Bell Cranel, pemuda yang hidup di dunia di mana manusia atau humanoid yang diberi anugrah Dewa-Dewi kemampuan bertarung melawan monster disebut petualang (Adventurer). Setiap manusia atau humanoid ini harus masuk dalam ikatan keluarga (familia), sebagai “anak-anak” dari Dewa-Dewi yang memberinya anugrah kemampuan bertarung. Dewa-Dewi ini sendiri pun harus turun ke dunia membaur dengan manusia untuk dapat melakukannya dan merasakan kehidupan dunia manusia. Bell Cranel, bertekad menjadi petualang meniru kakeknya yang tak pernah kembali dalam petulangannya. Kemudian bertekad menjadi jauh lebih kuat setelah bertemu dengan wanita pujaannya yang kuat, yang mempunyai level jauh di atasnya.

DanMachi

DanMachi merupakan salah satu anime yang saya sukai karena latar dunianya  memiliki dugeon yang berlevel seperti SAO (Sword Art Online)

7. Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta?

Netoge no Yome

Pernah gagal dalam percintaan di dunia online game, membuat Russian (nama avatar Hideki dalam game) tak percaya lagi dengan avatar perempuan dalam game. Karena kegagalan sebelumnya disebabkan oleh itu, dia menyatakan cinta kepada avatar game perempuan yang ternyata laki-laki tua. Waktu telah berlalu, darah muda penuh gairah cintanya akhirnya memutuskan untuk tak mempedulikan jenis kelamin pemain aslinya. Dia menyatakan cintanya lagi kepada avatar wanita dalam game yang ternyata setelah bertemu langsung adalah teman perempuan sekelasnya. Petualangan cintanya bersama istrinya dalam game dan teman-teman guild sekelasnya pun dimulai.

8. Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Dalam dunia MMORPG Cross Reverie, Sakamoto Takuma dikenal sebagai Demon King karena kemampuannya dalam bermain di game tersebut, sedangkan di dunia nyata dia tak punya kemampuan untuk bersosialisasi. Suatu hari, dia tiba-tiba di-summon (dipanggil) ke suatu dunia baru dalam wujud avatar game-nya tersebut oleh dua wanita yang membutuhkan pertolongan. Kemudian mantra untuk menjadikan budak ditujukan padanya, malah berbalik terpantul kepada kedua wanita tersebut berkat aksesoris pemantul mantra dirinya. Petualangannya di dunia baru dengan membawa nama Demon King dan tak sengaja memiliki dua budak cantik pun dimulai.

Demon King

Itulah daftar anime bertema game yang sudah saya tonton dan rata-rata saya suka. Rata-rata semua anime di atas juga sudah memiliki Sekuel, OVA, Special, Spin-off dan Movie-nya yang juga sudah saya tonton ataupun masih saya tunggu kelanjutannya. Bagaimana dengan Anda? Jika ada anime lain yang bertema sejenis, Anda dapat menambahkannya di kolom komentar, pasti akan saya cari dan tonton dengan senang hati. Ehehehe. Terima kasih! & Happy Watching Anime!

https://myanimelist.cdn-dena.com/images/anime/8/36343l.jpghttps://myanimelist.cdn-dena.com/images/anime/8/36343l.jpgsimonndanuFilmanime,daftar,dugeon,film,game,leveling,monster,permainan,petualanganAnak 90-an pasti tak asing dengan film anime, karena generasi ini (tentu termasuk saya) tumbuh dengan hiburan berupa tontonan televisi berisi anime (anime adalah sebutan kartun yang berasal/produksi Jepang). Mulai dari Doraemon, Dragon Ball, Detektif Conan, Digimon, Pokemon, Shincan, Let's & Go, Yu-Gi-Oh!, Captain Tsubasa, Card Captor Sakura, Sailor-Moon dan...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •