Kalau kita berbicara tentang FAT32, NTFS ataupun exFAT, tentu tak lepas dari format perangkat penyimpanan/storage device seperti FD (Flash Disk/Drive) dan hard disk/drive.  Hal ini sering ditemukan di kebanyakan sistem operasi, terutama pada umumnya pada sistem operasi Windows yang sering kita gunakan. Sebenarnya FAT32, NTFS dan exFAT adalah jenis-jenis dari sistem berkas/file system.

File System (Sistem Berkas)

Pada dasarnya ​file system  adalah seperangkat aturan yang digunakan untuk menentukan bagaimana data disimpan dan diambil dalam perangkat penyimpanan, baik itu hard disk/drive, flash disk/drive (FD) atau lainnya. Seperti cara konvensional yang digunakan untuk menyimpan data di kantor dalam berbagai berkas, metode yang sama digunakan pula dalam komputasi.

Kumpulan data yaitu berkas atau file disimpan di lokasi yang ditentukan dalam perangkat penyimpanan. Jika file system tidak digunakan dalam komputasi, sebagian besar data tidak dapat dikenali di media penyimpan tersebut.

Sebenarnya ada banyak jenis file system yang tersedia untuk berbagai pilihan penyimpanan seperti Disk File System, Flash File System, Tape File System dan sebagainya. Tetapi pembahasan kali ini seputar file system yang paling sering dijumpai yaitu Disk File Systems FAT32, NTFS dan exFAT.

Perbandingan FAT32 vs NTFS vs exFAT

PembandingFAT32NTFSexFAT
Perangkat PlatformWindows, Mac, Linux, konsol permainan, hampir semua perangkat yang memiliki port USB.Windows, Mac (Read-only), Linux (read-only untuk beberapa versi), Microsoft Xbox One.Windows XP ke atas, Mac OSX 10.6.5 ke atas, Linux (versi FUSE), Android.
KelebihanCross-platform, ringan.Batas hampir tak terbatas untuk ukuran file (maks. 16TB, maks. 4,294,967,295 files per folder) dan partisi.Gabungan antara FAT32 dan NTFS dengan menyediakan ukuran file (maks. 16EB) dan ukuran partisi yang hampir tak terbatas.
KekuranganUkuran file terbatas (maks. 4GB, maks. 4194304 files per folder) dan ukuran partisi (maks. 16TB).Cross-platform yang terbatas.Microsoft membatasi penggunaannya dengan lisensi.
PenggunaanPerangkat penyimpanan yang mudah dilepas (removable devices).Terbaik digunakan untuk hard disk/drive internal. Gunakan untuk disk/drive sistem Windows dan partisi sistem lain yang mungkin digunakan untuk menginstal perangkat lunak.Gunakan pada hard disk/drive eksternal atau flash disk/drive untuk transfer file dengan ukuran lebih besar dari 4 GB. Selalu pilih exFAT daripada FAT32 jika sistem operasi mendukung.
Sending
User Review
0 (0 votes)
https://simonndanu.info/wp-content/uploads/2018/03/WhatsApp-Image-2018-03-14-at-00.26.16.jpeghttps://simonndanu.info/wp-content/uploads/2018/03/WhatsApp-Image-2018-03-14-at-00.26.16-150x150.jpegsimonndanuKodefile system,format,perangkat penyimpanan,perbandinganKalau kita berbicara tentang FAT32, NTFS ataupun exFAT, tentu tak lepas dari format perangkat penyimpanan/storage device seperti FD (Flash Disk/Drive) dan hard disk/drive.  Hal ini sering ditemukan di kebanyakan sistem operasi, terutama pada umumnya pada sistem operasi Windows yang sering kita gunakan. Sebenarnya FAT32, NTFS dan exFAT adalah jenis-jenis dari...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •