Woala! Di tahun yang baru ini (sebenarnya akhir tahun lalu), di Yogyakarta telah hadir satu lagi tempat nongkrong 24 jam yang elok dengan tema yang serba klasik nan apik. Yaitu Kafe Silol: Kopi & Eatery. Kafe ini terletak di sebelah selatan Gramedia sebelum pertigaan jalan Sabirin, tepatnya di:

Okay, langsung saja, sesampai di sana, kami (tentu Kekasih dan Saya.. Ahahaha..) terpukau dengan besarnya kafe ini. Dari pintu masuk, pengunjung sudah disuguhi dengan beberapa objek menarik yaitu mobil, vespa dan becak yang dapat digunakan untuk foto-foto. Kami berkeliling untuk melihat setiap fasilitas dan suasana yang ada di kafe ini. Kafe ini sangat besar, terdiri dari beberapa bangunan yang saling menyambung dengan satu pintu masuk utama untuk pengunjung. Terdiri dari beberapa lantai, sisi utara 3 lantai, sedang sisi selatan 2 lantai dengan semua lantai dimanfaatkan dengan optimal. Fasilitas seperti Wifi Hotspot, Non-Smoking Area ber-AC, Meeting Room bahkan panggung konser dengan segala sound systemnya, dengan toilet dan washtafel berada di beberapa sudutnya tersedia di tempat ini. Nomor meja dan tisu tak pernah absen dari setiap meja yang ada.

Di setiap ruang terdapat berbagai macam tema klasik dengan brand Silol yang begitu jelas. Ingin suasana tenang Anda dapat duduk di dalam; ingin suasana terbuka Anda dapat duduk di atap, lantai 3 yang terbuka; ingin menikmati live music dengan sound dan panggung yang cukup meriah, Anda dapat duduk di gedung selatan; ingin ruangan anti rokok ber-AC dan ber-LED untuk meeting pun ada; dan saya lihat pun masih ada ruangan yang masih dalam tahap pengembangan. Berikut foto-foto yang dapat kami abadikan dari kafe ini:

Setelah puas berkeliling dan foto-foto, kami pun memesan makanan dan minuman kami. Berhubung setelah ini kami harus makan lagi di rumah, kami hanya memesan makanan ringan yang kafe-able (Wkwkwkwk.. ), yaitu: Chicken Spicy Salad (18K), Fried Fries Spicy with Cheese (18K), Healthy Juice (15K), Red Velvet Latte Ice (22K) dan yang katanya merupakan 1 dari 3 kopi andalan di sini: Syphon (15K). FYI: Kopi andalan lain adalah:  Yeo (15K) dan Vietnam Drip (15K). Tidak ada tambahan ppn ataupun service tax, sehingga total biaya 88K. Berikut penampakan mereka:

Sebagai petualang rasa, kami tak puas dengan rasa yang mereka miliki. Jauh dari ekspektasi kami bila dibandingkan dengan suasana Wow! yang di sajikan di tempat ini. Perlu banyak perbaikan rasa, berikut ulasan dari kami: 

  • Chicken Spicy Salad, ini menu yang rasanya paling enak di antara yang kami pesan, walaupun menurut kami kecut saladnya masih sedikit kurang. Sedikit tambahan jeruk salad akan meningkatkan rasa “yes” pada salad ini. Tidak buruk.
  • Fried Fries Spicy with Cheese tak sesuai antara gambar di menu dengan aslinya.
  • Healty Juice, terlalu encer, entah jenis jusnya seperti ini atau bagaimana. Yang pasti kami mengatakan jus ini kurang enak karena ada Healty Juice lain yang jauh lebih enak dari ini. Apakah minuman sehat tidak perlu enak?
  • Red Velvet Latte Ice yang kami pesan terasa sangat hambar, tidak kental, tipis dan kurang manis. Perlu dikentalkan dan mungkin ditambah secangkir gula cair yang dapat ditambahkan sendiri.
  • Syphon, mungkin memang rasa kecutnya seperti itu karena kami bukan penggemar kopi, tetapi paling tidak alangkah baiknya bila ditambahkan beberapa pilihan gula (seperti gula merah) atau gulanya tidak hanya 1 sachet mengingat nama dan andalan kafe ini adalah kopi.

Sebagai bonus dan yang selalu ada dalam ulasan di website ini adalah daftar harga menu kafe Silol: Kopi & Eatery ini. Silol menyediakan banyak pilihan menu mulai dari makanan pembuka, bermacam-macam makanan utama, makanan pencuci mulut dan paling banyak merupakan variasi minumannya. Yang menjadi kelemahan adalah mungkin karena kafe 24 jam dan baru, kadang pesanan sedang kehabisan bahan sehingga tidak dapat dipesan. Pengalaman saya awalnya memesan: Tomato Seafood Noodle dan Smothies Bowl, tetapi keduanya sedang kehabisan bahan, sehingga tak dapat dipesan. Berikut semua daftar harga menu yang telah kami abadikan dengan susah payah mengingat terangnya cahaya lampu yang menyilaukan si menu yang glossy (Ahahaha.. ):

Penilaian
  • Penampilan
  • Rasa
  • Kenyang
  • Harga
  • Pelayanan
  • Suasana
  • Fasilitas
  • Kebersihan
3.6

Kesimpulan

Kafe ini menyediakan suasana dan fasilitas yang tidak setengah-tengah dengan tema klasik nan menarik. Dapat menjadi tempat idaman bagi Anda yang mencari tempat nongkrong dan melepas lelah bersama kerabat. Tetapi untuk saat ini belum menjadi tempat Anda mencari rasa dan kenyang. Silol perlu meningkatkan kualitas rasa sajiannya, toh mumpung masih baru.

Sending
User Review
2 (4 votes)
https://simonndanu.info/wp-content/uploads/2018/01/Cover-Depan-1024x368.jpeghttps://simonndanu.info/wp-content/uploads/2018/01/Cover-Depan-150x150.jpegsimonndanuKuliner24 jam,eatery,kafe,kopi,kuliner,ulasanWoala! Di tahun yang baru ini (sebenarnya akhir tahun lalu), di Yogyakarta telah hadir satu lagi tempat nongkrong 24 jam yang elok dengan tema yang serba klasik nan apik. Yaitu Kafe Silol: Kopi & Eatery. Kafe ini terletak di sebelah selatan Gramedia sebelum pertigaan jalan Sabirin, tepatnya di: Okay,...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •