Banyak pekerjaan di kantor? Itu sudah biasa. Pekerjaan di kantor tidak selesai kemudian di bawa pulang untuk di kerjakan di rumah? Itu sudah biasa pula. Tapi menunggu pekerjaan bagian kita datang sampai bingung di kantor akan ngapain dan MaGaBut (MAkan GAji BUTa) banget itu baru luar biasa.

Di sini saya membagikan pengalaman saja tentang hal apa saja yang bisa Anda lakukan ketika sedang bingung atau bosan di kantor karena tidak ada pekerjaan yang dilakukan. Yah sebenarnya bisa di lakukan di rumah atau di mana saja juga. Hehehe. Apa saja itu?

1. Periksa Kembali Beberapa Pekerjaan Terakhirmu

Coba cek kembali pekerjaan terakhirmu. Tidak melulu pekerjaan paling terakhirmu, tetapi bisa juga 2-3 pekerjaan terakhir. Baik pekerjaan yang masih dalam waktu belum diserahkan atau dieksekusi, sehingga Anda dapat melengkapinya jika ada yang kurang; ataupun pekerjaan yang telah diserahkan atau dieksekusi sampai akhir, sehingga Anda dapat membuat pekerjaan sejenis yang akan datang lebih baik lagi. Misalnya: setelah Anda memeriksa kembali pekerjaan Anda, Anda sering lupa memberi sub judul agar pengkategorian pekerjaan Anda lebih mudah. Oleh karena itu, mulai pekerjaan selanjutnya Anda jadi lebih hati-hati dan tidak lupa memberi sub judul tersebut.

2. Upgrade Pekerjaanmu Melebihi yang Dibutuhkan

Semua pekerjaan yang telah Anda kerjakan sudah memenuhi apa yang diminta oleh perusahaan Anda? Bagus! Sekarang cobalah berkreasi untuk meng-upgrade pekerjaan Anda melebihi apa yang diminta perusahaan Anda, memberi nilai lebih pada pekerjaan Anda tanpa melupakan inti dari pekerjaan tersebut atau tidak malah membuat hasil pekerjaan Anda lebih rumit. Sebagai contoh: misal Anda seorang programer yang diminta membuat daftar nama konsumen perusahaan disertai fitur pencarian berdasarkan nama dan alamat. Tambahkanlah fitur pencarian berdasarkan nomor kontak konsumen tersebut, karena nomor kontak termasuk unik. Bisa juga menambahkan user manual atau dokumentasi jelas atas pekerjaan yang telah Anda buat agar kelak orang lain yang menggunakannya atau memperbaikinya lebih mudah melakukannya.

3. Belajarlah Hal Baru

Banyak hal baru yang dapat Anda pelajari, misalnya jika Anda belum pernah belajar pemrograman dan sebagainya, cobalah belajar dengan cara mendaftarkan diri di program pembelajaran atau bimbingan online yang dapat Anda kerjakan sewaktu-waktu selagi Anda senggang. Beberapa situs yang dapat membantu Anda belajar hal baru secara online dan banyak diantaranya yang gratis:

4. Rencanakanlah Akhir Pekanmu

Susunlah akhir pekanmu. Sebenarnya tidak melulu untuk akhir pekan saja, bisa saja untuk malam ini atau malam lusa. Misal dengan hangout bareng teman, atau melihat film apa yang bisa Anda tonton malam ini di bioskop, atau mencari daftar film menarik yang ingin Anda tonton dengan cara streaming ato download dulu di rumah. Sekedar saran, habiskan weekend atau akhir pekan Anda dengan kegiatan di luar rumah, setelah suntuk dengan kegiatan kantoran di dalam ruangan, seyogyanya Anda berwisata di alam bebas atau wahana outdoor kecuali jika pekerjaan Anda sudah pekerjaan lapangan.

5. Membacalah

Bacalah artikel-artikel baru yang dapat menambah wawasan Anda. Berita terbaru boleh, tetapi saringlah berita dengan benar. Bacalah blog atau e-book sesuai dengan ketertarikan Anda, misal misteri, horor, konspirasi, mitos, motivasi, musik dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa membawa buku atau majalah yang belum sempat Anda baca di rumah. Sehingga Anda pun tidak bingung di kantor lagi.

6. Menulislah

Jika Anda sudah banyak membaca dan punya ide gagasan tertentu, tuangkanlah ide gagasan tersebut ke dalam tulisan. Karena buah dari membaca adalah menulis. Apapun itu, tuliskanlah. Alangkah baiknya jika Anda membuat blog Anda sendiri. Berkat kemajuan teknologi, sekarang ini sangat mudah membuat blog sendiri. Anda bisa membuat blog Anda dengan menumpang di blogspot/blogger atau hosting sendiri dengan desain bantuan CMS seperti WordPress, seperti yang saya lakukan sekarang ini. Siapa tahu tulisan Anda bagus, traffic padat, banyak yang baca, kemudian dapat dipasangi iklan dan menjadi penghasilan tambahan tersendiri. Dengan menulis Anda telah bertekun belajar untuk menyampaikan ide gagasan Anda kepada orang lain dengan lebih baik lagi.

7. Berkreasi dengan Apa yang Ada di Sekitarmu

Banyak kreasi yang dapat Anda lakukan di tengah-tengah kesenggangan Anda di kantor. Misal dengan membuat snack atau dessert sederhana menggunakan peralatan kantor, membuat es lilin coklat, susu atau kopi jika kantor Anda memiliki lemari es. Memasaklah sesuatu dengan bahan-bahan sederhana yang sebelumnya Anda bawa dari rumah.

8. Berkeliling dan Sapalah Orang-Orang Sekitarmu

Beranjaklah dari kursi Anda, dari tempat Anda. Berkelilinglah dan sapalah teman-teman kantormu. Dari sapaan kemudian percakapan itulah muncul berbagai macam kemungkinan yang membuat Anda tidak jenuh atau bosan, misal obrolan hobi yang ternyata nyambung, obrolan tentang properti yang ternyata teman tersebut punya informasi, dan seterusnya. Walaupun ada kemungkinan obrolannya tidak nyambung dan malah membuat tambah bosan, tetapi paling tidak ada kemungkinan Anda menjadi tidak bosan dan berkembang ketimbang Anda tidak melakukan apa-apa yang pasti hasilnya nihil alias bingung di kantor mau ngapain.

Sending
User Review
0 (0 votes)
https://images.pexels.com/photos/356079/pexels-photo-356079.jpeg?w=940&h=650&auto=compress&cs=tinysrgbhttps://images.pexels.com/photos/356079/pexels-photo-356079.jpeg?w=940&h=650&auto=compress&cs=tinysrgbsimonndanuTipsbingung,bosan,kantor,produktifBanyak pekerjaan di kantor? Itu sudah biasa. Pekerjaan di kantor tidak selesai kemudian di bawa pulang untuk di kerjakan di rumah? Itu sudah biasa pula. Tapi menunggu pekerjaan bagian kita datang sampai bingung di kantor akan ngapain dan MaGaBut (MAkan GAji BUTa) banget itu baru luar biasa. Di sini saya...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •