Apa itu Bitcoin? Apa itu Cryptocurrency?

Sebelum beranjak ke bagian bitcoin trading, terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu bitcoin. Secara singkat bitcoin adalah mata uang virtual yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 menggunakan metode blockchain. Berbeda dengan mata uang digital biasa atau e-Money/e-Gold, bitcoin sangat aman karena metode blockchain menandai dengan rahasia (hash: acak, unik dan tak dapat dikembalikan) setiap transaksi yang dilakukan kemudian menjadikannya sebagai penanda untuk transaksi berikutnya (chain system). Peretas (hacker) perlu mengubah setiap transaksi yang pernah terjadi jika ingin memanipulasi satu transaksi saja, hal yang tidak mungkin, sehingga tentu sangat aman.

Total bitcoin hanya 21 juta dan selalu berkurang separo setiap 4 tahunnya untuk ditambang sampai selesai tahun 2140. Sistem ini mencegah terjadinya inflasi dan menjadikan nilai bitcoin selalu meningkat dan tak jarang melambung tinggi dari tahun ke tahun. Dari mulai nilai 10 ribu bitcoin hanya untuk membeli 1 loyang pizza, sekarang saat tulisan ini ditulis 1 bitcoin seharga lebih dari 200 juta rupiah.

Hal ini kemudian diikuti oleh “bitcoin-bitcoin” selanjutnya (setelah ini saya sebut cryptocurrency, dengan bitcoin adalah salah satunya), sehingga banyak cryptocurrency lain yang bermunculan. Ingat jika cryptocurrency hanya bermodalkan kepercayaan, dianggap berharga karena aman digunakan, tidak terpusat atau dikendalikan oleh pihak manapun (terdesentralisasi), membutuhkan biaya yang sangat kecil untuk melakukan transaksi dan bersifat pseudonymous (hanya memerlukan alamat dompet bitcoin jika ingin bertransaksi).

Mengapa di Market Place bitcoin.co.id?

Untuk memudahkan orang-orang melakukan jual beli bitcoin layaknya jual beli barang biasa maka diciptakanlah suatu pasar (market place). Di Indonesia sendiri, terdapat banyak market place bitcoin atau cryptocurrency, salah satunya adalah bitcoin.co.id. Saya menganjurkan Anda untuk trading cryptocurrency di bitcoin.co.id karena memiliki bermacam keuntungan yaitu:

  • Likuiditas bagus atau tinggi.
  • Banyak metode pembayaran yang tersedia untuk deposit.
  • Dukungan tersedia setiap hari (24/7), kecuali maintenance (hanya beberapa jam, dan biasanya kalau ada cyrptocurrency lain yang akan ditambahkan).
  • Transaksi bank akan langsung diproses.
  • Sampai tulisan ini dibuat, sudah ada lebih dari 920 ribu member yang tergabung, yang berarti daya beli dan daya jual semakin tinggi.
  • ID perlu diverikasi, sehingga terlacak jelas (oleh bitcoin.co.id) kepada siapa saja Anda bertransaksi, menghilangkan sifat pseudonymous, tetapi segala transaksi dapat dipertanggungjawabkan. Ingin tempat trading yang jelas dan terpercaya? bitcoin.co.id tempatnya.

Anda dapat mulai mendaftarkan diri dengan cara mengklik banner di bawah ini:

Setelah itu segera lakukan verifikasi email dan verifikasi identitas pada kanan atas: Menu > Profil & Setting, lakukan seperti yang diminta, karena caranya sudah cukup jelas, selfie untuk verifikasi identitas pun bisa. Jangan lupa tambahkan Google Authenticator untuk meningkatkan keamanan akun Anda pada: Menu > Keamanan.

Setelah Anda melakukan semua verifikasi, Anda sudah dapat bertransaksi di bitcoin.co.id. Anda dapat membeli bitcoin pertama Anda setelah Anda melakukan deposit pada menu di sebelah kiri: Setor / Tarik Rupiah. Saldo Anda akan segera bertambah setelah melakukan deposit. Untuk membeli bitcoin atau cryptocurrency lain Anda dapat pergi ke menu sebelah kiri: Spot Market. Pilihlah cryptocurrency yang Anda inginkan.

Salah satu hal yang perlu Anda ingat dalam trading cryptocurrency di bitcoin.co.id adalah Taker dan Maker. Taker (pengambil) adalah orang yang mengambil langsung harga bitcoin yang sekarang ada, langsung beli atau jual (instant), sehingga akan dikenakan potongan biaya transaksi sebesar 0,3%, sedangkan Maker (pembuat) adalah orang yang membuat harga pasar dengan catatan harga saat itu di atas harga tertinggi untuk penjual bitcoin dan di bawah harga terendah untuk pembeli bitcoin. Sehingga Maker perlu menunggu harga pasar bitcoin bergerak ke atas atau ke bawah sesuai dengan harga bitcoin yang dibuatnya. Gunakan harga yang masuk akal jika Anda ingin segera bertransaksi.

Beberapa tips atau saran yang dapat saya bagikan di sini adalah:

  • Rumus sederhana yang perlu diingat adalah beli saat harga turun dan jual saat harga naik di atas harga saat Anda beli. Jika Anda seorang Taker, pastikan selisih keuntungan Anda lebih dari total persentase potongan biaya transaksi tersebut.
  • Gunakan uang beku Anda, pastikan Anda menggunakan uang yang tidak terlalu cepat ingin Anda cairkan, menghadapi pasar yang sangat fluktuatif Anda harus sabar, tunggu sampai untung. Lebih baik Anda untung sedikit daripada rugi. Ingat: Sabar!
  • Tidak ada kata terlambat untuk belajar trading of cryptocurrency karena harga pasar selalu berubah dan cenderung naik dari waktu ke waktu, semakin Anda cepat bergabung, semakin Anda cepat tahu polanya dan lebih cepat untung.
  • Pasar Indonesia cenderung mengikuti pasar luar negeri atau internasional sehingga jika Anda jeli mengikuti berita dan pergerakan pasar luar negeri, Anda akan tahu ke mana kira-kira harga pasar akan bergerak kemudian menentukan langkah Anda selanjutnya.

Happy Trading!

Sending
User Review
0 (0 votes)
https://simonndanu.info/wp-content/uploads/2018/01/bitcoin-3029371_1920-1024x341.jpghttps://simonndanu.info/wp-content/uploads/2018/01/bitcoin-3029371_1920-150x150.jpgsimonndanuTipsbitcoin,cryptocurrency,profit,tradingApa itu Bitcoin? Apa itu Cryptocurrency? Sebelum beranjak ke bagian bitcoin trading, terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu bitcoin. Secara singkat bitcoin adalah mata uang virtual yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 menggunakan metode blockchain. Berbeda dengan mata uang digital biasa atau e-Money/e-Gold, bitcoin sangat aman karena metode blockchain menandai dengan...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share