Healthy Runner

Sebenarnya tips diet sehat ini secara tidak sengaja telah dilakukan orang-orang jaman dahulu untuk bertahan hidup di umur yang panjang menghadapi banyak musim. Merupakan pola hidup kuno sehat yang mengandalkan kepintaran metabolisme tubuh bawaan yang telah ada pada tubuh kita masing-masing. Diet macam apakah ini? Diet dengan cara berpuasa! Ya berpuasa dengan berselang waktu/berjangka atau lebih dikenal dengan istilah Intermittent Fasting (IF).

Jika Anda pernah dengar OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) atau Spartan Diet, itulah diet dengan metode IF (Intermittent Fasting). Prinsip dari diet ini adalah hanya boleh mengkonsumsi makanan atau minuman berkalori (terutama yang mengandung gula/glukosa) pada jam tertentu, atau singkatnya pada jendela makan. Jendela makan ini berlangsung selama 4, 6 atau maksimal 8 jam, bahkan ada yang menyebutkan selama 10 jam. Di luar jendela makan, Anda hanya boleh mengkonsumsi air putih/bening, atau minuman tak berkalori seperti teh tanpa gula (kalau saya pribadi mending air putih/bening saja agar hasilnya maksimal). Kemudian beri waktu 1-2 hari dalam seminggu untuk makan sekali saja dalam 24 jam, di luar itu kembali hanya air putih/bening saja.

Saya sendiri sudah rutin melakukan diet ini lebih dari 3 tahun, contoh konkretnya saya melakukan seperti ini:

  • Setiap hari saya mulai makan pada pukul 14.00 dan terakhir makan sebelum pukul 22.00 (jendela makan 8 jam: pukul 14.00-22.00). Selama 8 jam tersebut kita boleh makan atau ngemil apa saja, asal tidak rakus atau berlebihan. Kalau saya cukup 2x makan, yaitu pada pukul 14.00 dan 21.30 (sebelum pukul 22.00). Di luar jam itu (16 jam: pukul 22.00-14.00) ya hanya minum air putih/bening.
  • Kemudian sediakan 1-2 hari dalam seminggu, misal Rabu dan Sabtu untuk hanya makan sekali dalam 24 jam. Jadi, khusus hari Rabu dan Sabtu kita hanya makan sekali pada pukul 14.00, di luar itu minum air putih/bening saja sampai hari berikutnya masuk ke jendela makan yang dimulai pada pukul 14.00 dan berakhir pada pukul 22.00.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sering menjadi pertanyaan berdasarkan pengalaman saya 3 tahun melakukan tips diet sehat versi saya, yang cocok dengan saya:

  • Jika sudah terbiasa, tingkatkanlah menjadi jendela makan 6 jam kemudian 4 jam. Lakukan pelan-pelan saja, yang penting konsisten dan meningkat sampai dengan hasil yang Anda harapkan. Jika Anda tetap melanjutkan pola hidup ini setelah mendapatkan hasil yang Anda harapkan, hidup Anda akan selalu sehat.
  • Kapan cheating day? Jika Anda memang sudah berkomitmen penuh ingin menurunkan berat badan Anda atau membiasakan diri Anda melakukan diet ini ya jangan lakukan cheating day sampai minimal 3 bulan ke depan. Setelah Anda puas dengan hasil yang Anda dapatkan atau telah terbiasa, Anda boleh sesekali melakukan cheating day sehari saja dalam seminggu, misal hari Minggu saja. Atau kalau sudah terbiasa penuh dengan diet ini, ya cheating day lah saat Anda sedang berlibur. Ehehehe..
  • Perlukah olah raga? Perlu! Terutama untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan yang berlebih. Lemak dalam tubuh Anda akan cepat berkurang drastis, Anda tentu tidak ingin sisa kulit Anda yang telah melar mengganggu penampilan Anda. Selain itu, tentu saja proses pembakaran lemak untuk mendapatkan hasil yang ideal akan lebih cepat.
  • Bagaimana kalau diet ini menyebabkan sakit maag? Tidak akan! Malah akan dapat menyembuhkan maag tersebut. Jika Anda punya maag, lakukan pelan-pelan saja mulai dari jendela 8 jam. Maag terjadi bukan karena telat makan, maag terjadi karena tidak mengatur waktu makan Anda dengan tepat, misal: Anda jarang makan, sekalinya makan banyak, kemudian makan sedikit-sedikit, kemudian jarang makan lagi, dan seterusnya yang tak teratur. Tubuh Anda, terutama lambung Anda tentu tidak dapat menyesuaikan diri dengan ketidakteraturan yang berlangsung terus tersebut. Beda dengan diet IF, Anda sudah mengatur jam makan Anda. Jadi lakukanlah dengan tepat dan konsisten.
  • Untuk hasil yang maksimal lakukanlah jendela makan minimal 4 jam setelah Anda bangun pagi atau lebih baik minimal dimulai pukul 11.00. Karena pada pagi hari sebelum pukul 11.00, perut sulit menerima makanan berat apalagi yang mengandung banyak karbohidrat karena berkonsentrasi pada pembuangan dan pembakaran sisa-sisa makanan, itulah kenapa para ahli menganjurkan sarapan yang mudah dicerna sepeti buah, sayur, sereal, telur dan susu (bukan nasi). Jika Anda ingin tetap sarapan, bukalah jendela makan Anda dengan sarapan yang ringan dan akan lebih baik lagi dengan makanan yang dapat membersihkan usus.
  • Bukankah puasa akan menyebabkan lemas? Siapa bilang!? Tidak! Itu hanya mindset dan kebiasaan Anda. Tubuh Anda itu pintar sejak jaman dulu. Ketika tidak ada energi yang datang dari makanan yang Anda makan, tubuh akan mencari energi dengan mengambil dari lemak Anda (proses ketosis), inilah yang menyebabkan Anda cepat kurus. Sehingga semua aktifitas Anda akan menjadi aktifitas untuk membakar lemak dan tentu akan maksimal jika disertai olah raga. Jangan lakukan puasa lebih dari 3 hari atau tepatnya 70 jam tanpa makan sama sekali, karena tubuh tidak hanya akan mengambil energi dari lemak Anda, tepati juga otot Anda.
  • Ketosis adalah kondisi di mana hati (liver) manusia memproduksi “ketone” ke seluruh tubuh. Ketone berfungsi sebagai bahan bakar untuk mengubah lemak menjadi energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosis terjadi ketika tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat (glukosa) sebagai sumber makanan (selama lebih dari 10-12 jam) untuk diproses menjadi energi. Ketone juga memacu otak untuk melepaskan molekul yang dapat menguatkan neuron dan koneksi neuron otak yang bertanggung jawab terhadap kekuatan ingatan dan kecepatan belajar kita. Mudahnya, ketone dapat membuat otak lebih pintar.
  • Selain proses ketosis, yang terjadi pada tubuh saat tidak menerima kalori dari luar adalah meningkatnya kadar hormon pertumbuhan/HGH (Human Growth Hormone) secara drastis. HGH diproduksi tubuh berlawanan dengan hormon insulin, hormon insulin diproduksi ketika ada glukosa/gula yang masuk dalam pencernaan. Sehingga dengan berpuasa, hormon insulin tidak terproduksi dan hormon pertumbuhanlah yang terproduksi besar-besaran. Seperti namanya, hormon pertumbuhan adalah hormon yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan regenerasi semua sell tubuh. Otot, tulang, darah dan sebagainya diproduksi dengan baik. Sehingga diet IF selain berguna untuk pembakaran lemak, juga untuk pembentukan otot jika disertai olah raga.
  • Kedua proses ini: Ketosis dan meningkatnya HGH berkaitan erat dengan ketahanan tubuh terhadap penyakit dan penuaan alias umur yang panjang. Logika sederhananya adalah kelebihan lemak yang menjadi sumber penyakit (misal jantung koroner) menjadi hilang dan sel-sel tubuh jadi cepat beregenerasi untuk melawan berbagai penyakit otomatis sel-sel tubuh kita selalu muda sehingga kesimpulannya umur pun menjadi panjang.
  • Tubuh manusia itu pintar, memiliki ingatan yang kuat, dengan metabolisme yang dapat menyesuaikan dengan apa yang kita biasakan, dengan catatan kebiasaan itu harus rutin, teratur dan konsisten, cepat atau lambat tubuh pasti akan dapat menyesuaikan kebiasaan baru tersebut. Lakukan sebagaimana kecepatan tubuhmu dan kemauan dirimu dalam beradaptasi dengan diet IF ini.
  • Ingat semua ini perlu komitmen dan mindset Anda, jika Anda hanya berpikir lapar dan lapar, tidak bisa dan tidak bisa, maka tubuh secara otomatis akan mengikuti pikiran Anda dan Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi jika Anda yakin Anda bisa dan berkomitmen penuh apalagi ditambah dengan olah raga, pasti akan membuahkan hasil yang baik.

Saya pribadi mendapatkan banyak keuntungan selama lebih dari 3 tahun melakukan diet IF atau OCD ini, antara lain:

  • Dari tubuh bulat menjadi tubuh menjadi ideal, perut rata, sering dibilang kurusan bila dibandingkan teman-teman lain yang cenderung dibilang gemukan.
  • Tubuh cenderung atletis karena juga disertai olah raga yang rajin.
  • Saya jadi jarang sakit, sudah 3 tahun ini saya hampir tidak pernah mengambil cuti sakit.
  • Saya dulu sering sekali sariawan dan sekalinya sariawan bisa berminggu-minggu untuk sembuh sampai sulit sekali untuk berbicara. Sekarang saya jarang sekali sariawan dan sekalinya sariawan akan sembuh dalam hitungan hari, kecuali jika saya bergadang berhari-hari atau berhenti melakukan diet ini.
  • Saya ini dulunya adalah orang yang gampang mabuk berkendara dan tak jarang sampai muntah, tetapi sekarang tidak pernah mabuk kendaraan lagi, bahkan malah kuat sambil membaca buku/smarthphone.
  • Kuat makan durian banyak. Haha.. ya dulu saya makan durian lebih dari 2 biji saja pasti muntah, tapi sekarang tidak lagi.

Berikut saya sertakan video mengenai penelitian terbaru IF (Intermittent Fasting):

Bagi Anda yang ingin mengkombinasikan intermittent fasting dengan modifikasi pilihan makanan sehat dan lebih ketat, ada video tips bagus lain di bawah ini. Bila dikombinasikan dengan fitnes atau olahraga rutin dan tepat, hasilnya akan luar biasa:

Kalau Anda mau gampang dan tidak habis pikir ya cukup ingat untuk hanya makan kalori setelah pukul 12/1 siang dan sebelum pukul 8/9 malam. Dengan melakukan hal ini, Anda secara tidak langsung sudah membiasakan diri untuk menerapkan jendela makan 8 jam. Hal ini juga merupakan cara minimal untuk mempertahankan diet ini untuk kebaikan tubuh Anda.

Semoga tips diet sehat ini juga cocok dengan Anda. Pembiasaan yang memaksa itu perlu sejauh itu baik dan membuat lebih baik. Sekali lagi, metabolisme tubuh itu bisa diatur dengan cara dibiasakan. Tetapi jika Anda memang benar-benar sudah mencoba diet ini secara disiplin tetapi malah membuat Anda tidak tambah lebih sehat, konsultasikanlah dengan dokter yang enak diajak diskusi. Mungkin tubuh Anda sedang bermasalah atau ada yang berbeda.

“Lebih baik Anda menahan diri makan dulu agar sehat dan bisa makan apa saja, daripada Anda makan apa saja dulu kemudian sakit dan hanya boleh makan makanan tertentu saja, kan?”

Salam Sehat dan Semangat!

Sumber:
  • OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) e-book
  • Science Insider pada posting di Facebook
Sending
User Review
0 (0 votes)
https://images.pexels.com/photos/347134/pexels-photo-347134.jpeg?w=940&h=650&auto=compress&cs=tinysrgbhttps://images.pexels.com/photos/347134/pexels-photo-347134.jpeg?w=940&h=650&auto=compress&cs=tinysrgbsimonndanuTipsdiet,panjang umur,pola hidup,puasa,sehatSebenarnya tips diet sehat ini secara tidak sengaja telah dilakukan orang-orang jaman dahulu untuk bertahan hidup di umur yang panjang menghadapi banyak musim. Merupakan pola hidup kuno sehat yang mengandalkan kepintaran metabolisme tubuh bawaan yang telah ada pada tubuh kita masing-masing. Diet macam apakah ini? Diet dengan cara berpuasa! Ya...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  • 14
  •  
  •  
  •  
  •  
    14
    Shares