13+ – 105 Menit

Detail dan Sinopsis

Sutradara:Michael Gracey
Penulis:Jenny Bicks, Bill Condon, Jenny Bicks
Aktor:Hugh Jackman, Michelle Williams, Zac Efron
Produksi:Chernin Entertainment, TSG Entertainment, Twentieth Century Fox
Genre:Biografi, Drama, Musikal

Yatim piatu, tak punya uang tapi ambisius dan dengan pikiran penuh imajinasi dan gagasan segar, Phineas Taylor Barnum mencoba membuka museum lilin setelah di-PHK. Karena tak laku, usahanya segera beralih fokus ke pertunjukan unik, aneh dan aksi hidup luar biasa yang belum pernah terlihat sebelumnya di panggung sirkus. Kesuksesannya dan obsesinya akan sorak sorai kemudian membuatnya melupakan dan mempertaruhkan aspek terpenting dalam hidupnya.

Ulasan The Greatest Showman - Tingkat Spoiler: Sedang

Bagus, tapi tak terlalu bagus, cukup bagus saja. Itu kata-kata yang menurutku cocok untuk mewakili film ini. Mungkin karena saya tidak begitu suka film drama musikal itu sendiri, tetapi prinsip saya, yang namanya film hebat akan tetap dapat memukau penontonnya walaupun penontonya tidak suka akan genre film tersebut. Tetapi hal itu tidak saya temukan pada film ini.

Ketika menonton trailernya, yang terbayang dalam pikiran saya adalah tentang biografi seorang P.T. Barnum dalam usahanya membangun karirnya dari 0 sampai dia sukses membangun panggung sirkus yang spektakuler dan itu menjadi klimaks dari film ini. Tetapi ternyata tidak demikian. Usahanya dalam membangun panggung sirkusnya dikisahkan dengan cepat di film ini dan konflik utama yang dihadirkan bukan usahanya dari 0 tersebut, tetapi tentang bagaimana dia mempertahankan dan mengetahui apa yang paling penting untuknya.

Tidak ada yang salah dengan jalan ceritanya, apalagi dengan genre biografi. Hanya saja jalan ceritanya itu sendiri dihadirkan dengan monoton alias kurang dinamis. Konflik-konflik yang ada terasa hambar atau tak cukup membuat saya hanyut dalam cerita dari film ini. Usaha awal P.T. Barnum dalam membangun pertunjukan sirkusnya malah terasa sebagai konflik yang utama, sedangkan konflik-konflik selanjutnya malah seperti konflik penyedab yang kurang sedab saja dan suasananya tak terlalu terangkat.

Yang paling saya titik beratkan dalam mengulas film hanya satu hal. Bagaimana film tersebut dapat membuat penontonnya terbawa suasana. Bagaimana film tersebut dapat menyajikan secara rapi dan universal sehingga semua penontonnya dapat berdecak kagum, entah kagum karena senang, takut, ngeri ataupun marah, sehingga film tersebut dapat diceritakan kehebatannya untuk cukup berharga ditonton oleh orang yang belum menonton atau bahkan ditonton ulang olah orang yang belum pernah menontonnya. Tetapi sekali lagi, film ini kurang dapat menyuguhkan hal tersebut.

Efek dan karater yang diperankan memuaskan. Teknologi tuning untuk meningkatkan kualitas suara nyanyian aktor dan aktris digarap dengan bersih. Pengambilan gambar juga tidak mengecewakan. Pemilihan dan pembentukan karakter yang unik disajikan tepat pula. Hanya saja efek P.T. Barnum naik gajah di saat terakhir untuk menyusul keluarganya ke gedung teater masih sedikit kurang halus.

Secara keseluruhan tak mengecewakan, layak untuk ditonton terutama bagi Anda pencinta drama musikal. Tetapi biasa saja bagi Anda yang suka dengan film yang kurang dapat membangun suasana cerita yang dinamis. Saran saya, tonton dengan volume suara yang enak didengar, yang pas dan dengan layar yang tak terlalu kecil untuk dilihat. Dengan begitu suasana yang diharapkan dari film ini bisa lebih terbangun.

Happy Watching!

Penilaian
  • Cerita
  • Karakter
  • Efek
  • Musik
3.9

Kesimpulan

Merupakan film wajib bagi Anda yang menyukai film-film bergenre drama musikal dengan cerita yang nyaman dan romantis, tetapi tidak bagi Anda yang menyukai film dengan alur cerita yang dinamis.

Sending
User Review
1 (1 vote)
https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/M/MV5BMDEzZjUyMjgtOWMwNi00N2Y0LWFkMzEtNGRkY2Y4MWI0N2RkXkEyXkFqcGdeQXVyMTMxODk2OTU@._V1_SY1000_SX675_AL_.jpghttps://images-na.ssl-images-amazon.com/images/M/MV5BMDEzZjUyMjgtOWMwNi00N2Y0LWFkMzEtNGRkY2Y4MWI0N2RkXkEyXkFqcGdeQXVyMTMxODk2OTU@._V1_SY1000_SX675_AL_.jpgsimonndanuFilmbiografi,Chernin Entertainment,drama,film,musikal,ulasan13+ - 105 Menithttps://www.youtube.com/watch?v=jr9QtXwC9vc Detail dan Sinopsis Sutradara:Michael GraceyPenulis:Jenny Bicks, Bill Condon, Jenny BicksAktor:Hugh Jackman, Michelle Williams, Zac EfronProduksi:Chernin Entertainment, TSG Entertainment, Twentieth Century FoxGenre:Biografi, Drama, MusikalYatim piatu, tak punya uang tapi ambisius dan dengan pikiran penuh imajinasi dan gagasan segar, Phineas Taylor Barnum mencoba membuka museum lilin setelah di-PHK. Karena tak laku, usahanya segera...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •