13+ – 151 Menit

Detail dan Sinopsis

Sutradara : Rian Johnson
Penulis : Rian Johnson, George Lucas
Aktor : Daisy Ridley, John Boyega, Mark Hamill
Produksi : Lucasfilm, Ram Bergman Productions, Walt Disney Pictures
Genre : Aksi, Fantasi, Fiksi-Sains, Petualangan

Memulai langkah awal ke dunia Jedi, Rey bergabung dengan Luke Skywalker dalam sebuah petualangan perang bintang. Bersama dengan Leia, Finn dan Poe pola mereka akan membuka misteri kekuatan dan rahasia masa lalu.

Ulasan Star Wars VIII: The Last Jedi - Tingkat Spoiler: Rendah

Diawali dengan prolog dan musik latar khas ala-ala Star Wars, film Star Wars VIII dapat membawa kita bernostalgia film-film sekuel sebelumnya. Saya sebagai pemula yang mengikuti film Star Wars mulai dari episode VII tayang pun tersenyum melihat kekhasan film ini yang masih dipertahankan. Ya, dulu sebelum nonton episode VII, saya maraton nonton episode I-IV nya terlebih dahulu, kemudian penasaran akan kelanjutannya, maka episode VIII, Star Wars: The Last Jedi yang terbaru ini pun tak terlewatkan dalam jajaran film yang harus segera saya tonton.

Film diawali dengan perang bintang pembuka yang cukup seru, diselingi dengan lanjutan cerita Rey yang telah bertemu dengan Luke pada episode sebelumnya. Kemudian, tak akan saya lanjutkan lagi tentang detail cerita, takut terlalu spoiler. Hahaha.

Sepanjang film ini kita bakal disuguhkan dengan hal-hal yang tak asing bagi kita jika kita sudah menonton film Star Wars sebelumnya, bahkan ada satu adegan di mana sebenarnya semua petualangan ini dimulai (zamannya Kakek Luke). Tak cukup hanya dengan hal tak asing tersebut, film ini juga menyajikan tokoh dan suasana baru. Chewbacca akan mendapat tambahan teman dan planet terpencil tempat Luke mengasingkan diri dibuat dengan begitu alami dalam ekosistem yang asing.

Alur cerita dimulai dengan andrenalin yang tinggi sebentar, kemudian dilanjutkan dengan sedikit datar sampai pertengahan film dengan tetap tidak membuat bosan penontonnya karena disuguhkan dengan hal-hal baru, konflik yang variatif dan beberapa guyonan. Alur cerita kembali lebih naik setelah pertengahan film sampai dengan akhir. Tetapi suasana dibangun dengan dinamika yang kurang lebih sama. Akan lebih baik jika musik yang disajikan diperkuat untuk membangun suasana film.

Keunggulan dari film ini adalah konflik batin yang ditampilkan oleh tokoh-tokohnya yang membuat penontonnya menduga-duga keputusan-keputusan apakah yang akan tokoh yang bersangkutan lakukan selanjutnya. Konflik ini tidak melulu terjadi pada tokoh utama seperti Rey saja, tetapi tokoh lain yaitu Poe, Finn dan lainnya lagi. Namun bagi saya, suasana yang mendukung untuk memaksimalkan konflik-konflik tersebut kurang, entah dari segi musik latar atau efek suara, atau pun karakter tokohnya, jadi terkesan biasa saja.

Film ini dapat ditonton dan diikuti baik bagi mereka yang belum sempat menonton atau mengikuti episode-episode sebelumnya. Tidak banyak hal yang terlalu asing yang terlalu mengkait-kaitkan dengan episode sebelumnya. Penonton pemula pun bisa menikmatinya terlepas dari episode sebelumnya. Sebaliknya, bagi penonton yang telah menonton dan mengikuti film Star Wars sebelumnya akan tersenyum melihat kemunculan tokoh atau peristiwa yang tak asing lagi bagi mereka.

Penilaian
  • Cerita
  • Karakter
  • Efek
  • Musik
3.9

Kesimpulan

Secara keseluruhan Star Wars VIII: The Last Jedi merupakan film yang cukup menghibur, cerita dan suasana yang disajikan tidak membosankan tetapi juga tidak spektakuler. Film ini dapat dinikmati dengan alur yang jelas baik bagi mereka yang sudah menonton sekuel sebelumnya ataupun belum.

Sending
User Review
0 (0 votes)
https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/M/MV5BMjQ1MzcxNjg4N15BMl5BanBnXkFtZTgwNzgwMjY4MzI@._V1_SY1000_CR0,0,675,1000_AL_.jpghttps://images-na.ssl-images-amazon.com/images/M/MV5BMjQ1MzcxNjg4N15BMl5BanBnXkFtZTgwNzgwMjY4MzI@._V1_SY1000_CR0,0,675,1000_AL_.jpgsimonndanuFilmfiksi,film,luar angkasa,LucasFilm,perang,sekuel,ulasan,Walt Disney13+ - 151 Menit https://www.youtube.com/watch?v=27HrfKAliI0 Detail dan Sinopsis Sutradara : Rian Johnson Penulis : Rian Johnson, George Lucas Aktor : Daisy Ridley, John Boyega, Mark Hamill Produksi : Lucasfilm, Ram Bergman Productions, Walt Disney Pictures Genre : Aksi, Fantasi, Fiksi-Sains, Petualangan Memulai langkah awal ke dunia Jedi, Rey bergabung dengan Luke Skywalker dalam sebuah petualangan perang bintang. Bersama dengan Leia, Finn dan Poe pola mereka akan membuka...perspektif picik pelaku penulis picisan
Mari bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •